Wednesday, December 14, 2011

Liburan Natal dan Tahun Baru di Gembira Loka

Menikmati liburan dengan keluarga di kota Yogyakarta selalu jadi dambaan orang-orang dari luar kota. Yogya sebagai kota budaya, pelajar dan wisata, tak pernah sepi dari kunjungan wisatawa. Apalagi bagi keluarga yang ingin menyenangkan putra-putriya, pasti akan memilih tempat yang tepat bagi keluarga. Yogya memiliki Taman Pintar dan berbagai museum sebagai tempat wisata keluarga. Disamping pantai, tidak kalah penting adalah Kebun Binatang Gembira Loka.
Gembira Loka bagi anak-anak sangat menyenangkan. Disamping mengenali berbagai macam binatang, ada berbagai tempat permainan. Anak-anak bisa naik Gajah atau memberi umpan pada Gajah dari balik pagar. Yang senang air, bisa naik perahu putar kolam yang cukup luas. Anak-anak pasti senang juga melihat keterampilan berbagai binatang yang dilatih. Bisa naik motor atau permainan
lain.
Sebelum Anda mengelilingi Kebun Binatang Gembira Loka yang cukup luas, sebaiknya mampir dulu di Mister Burger yang standnya tak jauh dari pintu masuk. Anak-anak bisa memilih Mister Burger, Fried Chicken (ayam yang gurih dan kriuk-kriuk), Sosis Panggang atau donat Don-O. Sajian makanan cepat saji yang jadi ikon Yogya ini akan ditemui pada 18 Desember - 2 Januari 2012 pada liburan Natalan dan Tahun Baru. Dengan membawa bekal Mister Burger, Anda bersama keluarga tak usah kuatir mencari makanan lain.
Gembira Loka memiliki 100 spesies satwa, diantaranya 61 spesies flora. Maka tidak aneh jika Gembira Loka sering menjadi studi banding dari berbagai instansi dan lembaga dari luar Yogya.
Pembangunan Gembira Loka ide awalnya dari Sultan Hamengku Buwono VIII pada tahun 1933. Dan baru terealisir oleh Sultan Hamengku Buwono IX dengan bantuan arsitek Belanda, Ir. Karslen. Dengan memilih lokasi di barat sungai Winongo, pembangunan Gembira Loka terpaksa terhenti karena Perang Dunia II. Baru tahun 1953 didirikan Yayasan Gembira Loka yang dipimpin Paku Alam VIII. Tahun 1959 Paku Alam VIII  menunjuk Tirtowinoto untuk melanjutkan pembangunan Gembira Loka. Dan tempat wisata menghibur keluarga telah terwujud. Gembira Loka kini sudah berbenah. Berbagai sarana pendukung didirikan. Semua untuk memanjakan para pengunjung.*** (Tra)