Thursday, December 22, 2011

Kyai Langgeng, Taman dan Arena Kreasi Anak

Menikmati liburan di Magelang sudah tidak repot lagi. Disamping trasportasi mudah, jarak tempuh dari daerah wisata seperti Candi Borobudur, Kopeng, Candi Prambanan dan Yogyakarta sangat dekat. Maka tidak mengherankan jika dari Candi Borobudur menuju Magelang berjarak 19 km. Dari Yogyakarta hanya 40 km .Di kota 'Tidar' ini, Anda yang membawa keluarga pasti akan singgah di Taman Kyai Langgeng di Jl. Cempaka.

Memiliki luas 28 Ha, Kyai Langgeng sangat nyaman untuk melepas lelah dan menyegarkan pikiran. Di bawah pohon yang menjulang tinggi dan teduh itu, jika Anda mengelilingi Kyai Langgeng terasa berolah raga. Jalan setapak naik turun dan melingkar-lingkar
ini cukup menguras keringat dan badan menjadi segar.
Nama Kya Langgeng diambil dari nama seorang prajurit P. Diponegoro ketika melawan Belanda (1825-1830). Karena kegigihannya, jenazah di makamkan di situ. Semula makam ini banyak didatangi para ziarah. Kemudian Pemda Kota Magelang memekarkan daerah makam Kyai Langgeng menjadi taman yang luas. Untuk menandai kepahlawan Kyai Langgeng, memasuki pintu taman ada relief perjuangan P. Diponegoro yang heroik. Disamping itu Taman Kyai Langgeng memiliki koleksi tanaman langka yang bisa jadi obyek penelitian. Bahkan ada beberapa satwa dipelihara di taman ini. Bagi anak-anak yang suka bermain  disediakan arena permainan seperti jetcloster, dermolen. Atau yang suka renang bisa menikmati kolam yang terbagi dua bagian yang dibatasi pelampung dan memiliki kedalaman 1 meter dan 2 meter.
Bagi Anda yang suka baca buku, di Taman Kyai Langgeng tersedia Desa Buku yang lengkap dengan perpustakaan. Dengan koleksi sekitar 3.000 buku, pengunjung bisa baca-baca tanpa dipungut biaya. Perpustaan ini ramai dikunjungi pengunjung pada hari Sabtu dan Minggu dan kebanyakan para pelajar.
 Lelah berputar-putar baik jalan kaki atau naik kereta kelinci, Anda bisa menikmati berbagai makanan disini seperti soto, mie ayam, bakso atau gado-gado. Tapi jika ingin makanan cepat saji seperti Mister Burger, Fried Chicken, Sosis Panggang dan donat Don-O, bisa dinikmati di stand Mister Burger yang letaknya tak jauh dari bawah jembatan penyeberangan. Stand Mister Burger yang cukup besar ini, bisa digunakan untuk istirahat sambil makan. Ada 2 stand Mister Burger lain yakni yang tak jauh dari stand induk. Adanya 3 stand Mister Burger di Kyai Langgeng dimaksudkan untuk mendekatkan pada pengunjung.
Jika udara cerah, Anda sekeluarga yang menghabiskan liburan di Taman Kya Langgeng akan betah. Rasanya taman itu memberi kedamaian panjang. Apalagi kalau Anda berjalan sampai batas Kyai Langgeng sebelah utara, Kali Progo bisa dinikmati dari jarak jauh. Anda yang belum pernah ke Kyai Langgeng, pasti suatu ketika ingin melihatnya. Dan tentunya bersama keluarga. *** (Tra)